Bacaan Doa Sholat Jenazah Singkat Pendek Lengkap Sesuai Sunnah

Pada prosesinya ketika sedang melaksanakan pengurusan mayit ataupun jenazah ada sebuah amalan yang menag sudah sangat dianjurkan yaitu mendoakan mayyit yang bersangkutan, sebaba selain sudah menjadi keewajiab, mendokan mayyit tersebut juga adalah bagian dari rangkaian tata cara sholat jenazah itu sendiri. Atau juga bisa dilakukan setelah seselsai pelaksanaan sholat mayit tersebut.

Bahkan amalan doa sholat jenazah juga sudah di syariatkan oleh Baginda Rasululloh tentang bagaimana cara mengurusi mayit sesuai dengan sunnah, yang tentunya sudah menjadi amalan terbaik bagi ummatnya. Sebagaimana yang tertuangkan dalam sebuah hadits Rasululloh S.A.W yang menerangkan tentang bagaimana cara terbaik dalam mendoakan terhadap mayyit baik untuk mayit laki-laki, perempuan ataupun mayit anak-anak bahkan mayit yang tidak diketahui asal usulnya.

Tentu konsep dari pengajaran ini telah sesuai dengan kadiah yang berjalan yag telah di syariatkan oleh Baginda Rasululloh yang di jelaskan oleh para Ulama untuk lebih difahami serta di mengerti sekaligus di amalkan oleh setiap individu muslim. Karena jika beramal tidak sesuai dengan ilmunya atau tidak dibarengi dengan ilmu nya maka itu hukumnya tidak syah bahkan tidak akan diterima.

Bacaan Doa Sholat Jenazah Singkat Pendek Lengkap Sesuai Sunnah

Begitu juga dengan ketika mendoakan mayyit itu sendiri, dimana pada pelaksanaannya itu terdapat hal-hal yang memang di tujukan kepada mayit yang bersangkutan. Selain itu juga terdapat juga ketentuan lainnya dalam melaksanakan proses pengurusan jenazah tersebut yang memang sangat tergantung pada jenis kelaminnya. Baik untuk mayit laki-laki maupun untuk mayit perempuan begitu juga bagi mayit anak-anak.

Secara bacaan lapadznya itu tentu berbeda pula, untuk itu memahami sekaligus mengamalkan daripada mendoakan mayyit itu adalah bagian dari amalan penting bagi setiap umat muslimin, meskipun jika di tinjau dari segi hukumnya itu adalah fardlu kifayah. Akan tetapi jauh lebih indah kiranya apabila kita semua sebagai umat muslimin selalu mendoakan hal-hal yang baik terhadap sesama muslim termasuk pada mayit tersebut.

Bahkan mengurus mayyit itu termasuk pada bagian amalan-amalan yang hrus sesegera mungkin dilaksanakan oleh setiap umat muslimin, karena ini berssangkutan erat dengan hak-hak muslim lainnya. Sedangkan menurut keterangan menyebutkan bahwa ” Sesungguhnya Alloh S.W.T ada pertolongan seorang hambanya, jika hambanya tersebut senantiasa memberikan pertolongan pada hamba lainnya” salah satunya seperti mengurus dan mendoakan jenazah umat muslim.

Dan berikut doa sholat jenazaha sesuai dengan kaidah sunnah sebagaimana yang di terima oleh Shahabat Auf bin malik berkata : Rosulullah mensholati janazah, dan aku hafal do’a yang dibaca rosul. Rosulullah berdo’a :

اللهم اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه وأكرم نزله ووسع مدخله واغسله بالماء والثلج والبرد ونقه من الخطايا كما نقيت الثوب الأبيض من الدنس وأبدله دارا خيرا من داره وأهلا خيرا من أهله وزوجا خيرا من زوجه وأدخله الجنة وأعذه من عذاب القبر أو من عذاب النار

Latin :”Allohummagfirlahu Warhamhu Wa’afihi Wa’fu Anhu Waakrim Nuzulahu Wawassi’ Madkholahu Waagshilhu Bilmaai Watsalji Walbarodi Wanaqqihu Minalkhotooya Kamaa Naqaitursaubalabyadho Minaddanasi Wa Abdilhu Daaron Khoiron Min Daarihi Wa ahlan Khoron Min Akhlihi Wazaujan Khoiron Min Zaujihi Wa adhilhuljannat Wa A’idhu Min Adzaabilqobri Au Minaszaabinnaar.

Artinya: ” Yaa Alloh semoga engkau memberikan ampunan kepadanya, merahmatinya, mengampuninya, dan mengampuni segala dosanya, Dan memulyakan tempat tinggalnya, dan melebarkan (melegakan) tempat (quburnya) dan memandikannya dengan air dan salju serta membersihkannya dari segala kesalahan, seperti bersihnya pakaian yang putih dari kotoran-kotoran. Dan menggantikannya dengan tempat yang lebih baik dari tempat sebelumnya, dan keluarga lebih baik, suamai dan istri lebih baik daripada sebelumhya dan memasukannya ke dalam syurga, dan menjaganya dari siksa qubur dan juga siksa neraka.”

Bacaan doa sholat jenazah takbir ke 4 singkat bahasa arab pendek latin beserta bacaannya lengkap sesuai sunnah ataupun muhammadiyah begitu juga dengan doa mandi wajib adalah bagian dari amalan terbaik bagi kita semua.