Doa Ketika Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Arab Latin dan Artinya

Ajaran Islam itu sangat indah sekali, terbukti dari semua hal yang bersifat kecil sampai dengan perkara yang besar itu bisa menuai nilai ibadah apalgi jika di barengi dengan aktivitas berdoanya. Seperti dengan membacakan doa ketika akan dan selesai bangun tidur yang memang sudah ada dan di ajarkan oleh Baginda Rasullulloh S.W.T tentang bagaimana adab dan tatak rama seorang muslim ketika akan dan setelah bangun dari tidur.

Etika yang memang selama ini perlu untuk tetap dijaga dan dilaksanakan secara konsisten oleh setiap muslim dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya agar bisa bernilai ibadah di hadapan Alloh S.W.T, meskipun itu berawal dari hal yang biasa saja seperti membacakan doa bangun tidur misalnya. Akan tetapi sebuah ajaran pasti untuk bisa menjadikan tidur tersebut sebagai jalan untuk bisa meraih nilai sempurna yang tentunya sangat baik sekali untuk kesehatan dan keseimbangan jiwa.

Sehingga tidak heran apabila memang etika dalam tidur tersebut menjadi salah satu bagian penting dari sunnah-sunnah Rasululloh S.A.W. yang semestinya di contoh oleh kita semua. Bahkan ada baiknya apabila keutamaan dan keafdholan dari etika tidur tersebut menjadi akivitas penting dalam keseharian kita, agar tetap bisa menjaga dan menunjang smeua kebutuhan kesehatan dzhahir dan bathin.

Doa Ketika Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Arab Latin dan Artinya

Selain tubuh sehat bugar dan tentunya semangat dalam menjalani kesibukan sehari-hari, tidur dengan secara dan sesuai dengan anjuran agama itu adalah hal yang bisa bernilai ibadah, apalagi jika tidur tersebut tujuannya untuk bisa memaksimalkan peribadahan yang tentunya sesuai dengan apa yang di anjurkan dan di sunnah oleh baginda Nabi kita tercinta sebagai panutan hidup bagi kita semua.

Sebagaimana yang telah dijelaskan dari redaksi-redaksi kitab fiqih yang bersumber kepada hadits-hadits shohih itu terdapat delapan tata cara dan etika tidur Rasululloh S.A.W yang selalu dilakukannya secara istiqomah setipa harinya. Dan yang ke delapan itu diantaranya Tidur Menghadap kiblat dengan dua cara yaitu Dengan cara seseorang telentang pada tengkuknya, wajah dan bagian lekuk kedua kakinya dihadapkan kiblat, cara yang demikian bagi pria mubah dilakukan dan makruh bagi wanita.

Dan dengan cara kedua yaitu tidur dengan bertumpu pada tubuh bagian kanan sebagaimana orang yang meninggal diliang lahatnya”, tidur dengan cara ini dengan menghadapkan wajah dan tubuh bagian depan kearah kiblat. Selanjutnya adalah memperbanyak dzikir saat hendak tidur, Tidur dalam kondisi suci, Tulis pesan-pesanmu di bawah bantal, Tidurlah dalam keadaan mentaubati dosa, Jangan memaksa tidur, Persiapkan alat-alat yang digunakan untuk membersihkan diri saat bangun tidur serta yang tidak kalah penting adalah Berdoa

اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ وَإِذَا اسْتَيْقَظَ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Latin “Allaahumma Bismika Ahyaa wa amuutu” (Ya Allah, dengan Nama-Mu, aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati). Dan apabila bangun, beliau membaca: “Alhamdulillaahil Ladzii Ahyaanaa Ba’da Maa Amaatanaa Wailaihin Nusyuur”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan)”. (HR. Muslim).

Doa ketika sebelum sesudah bangun tidur arab latin dan artinya sesudah makan doa ketika keluar rumah dan doa masuk dan keluar kamar mandi juga doa doa wudhu adalah bagian amalan terbaik dalam keseharian kita.