Kumpulan Tulisan Bacaan Shalawat Nabi Lengkap dan Artinya

Sebagai umat yang sanagt mencintai Nabi, maka dalam mengisi waktu dan kepadatan aktivitasnya di isi dengan amalan sunnah yang sangat dianjurkan oleh agama. Salah satunya dengan sering membacakan sholat kepada baginda Nabi Muhammad S.A.W. dengan seringnya kita membacakan bacaan sholawat itu, maka akan menjadi sebuah jaminan bagi kita semua nanti di hari qiyamah di akui sebagai umat Nabi.

Untuk itulah amalan ini sangat baik sekali untuk dilakukan bagi setiap orang muslim, Bahkan tidak hanya untuk kalangan umat manusia saja, perintahan untuk membacakan bacaan shalawat juga senantiasa di perintahkan oleh Alloh S.W.T kepada para malaikat untuk bersholawat kepada nabi Muhammad beserta pada keluarganya. Sebagaimana keterangan yang menyebutkan akan perintahan tersebut.

Secara pengertian sholawat merupakan bacaan yang berisikan fujian terhadap nabi, dan makna daripada sholawat tersebut itu sangat tergantung pada siapa yang membacakannya, Jika datangnya dari Alloh S.W.T maka makna sholawat itu adalah rohmat, Namu jika datang dari para malaikat itu namanya istighfar dan jika datang dari seorang mukmin, maka sholawat itu mengandung doa yang secara hakikatnya itu kembali kepada orang yang membacakan sholawat tersebut.

Kumpulan Tulisan Bacaan Shalawat Nabi Lengkap dan Artinya

Sebab Nabi merupakan satu-satunya makhluq Alloh S.W.T yang telah di jaga dari hal-hal yang tercela dan penuh dengan rahmat dari Alloh S.W.T. Maka, barang siapa yang membacakan sholawat kepada nabi, maka keberkahan dari sholawat tersebut akan kembali lagi kepada orang yang membacakannya. Karena meskipun tidak ada seorang pun yang membacakan sholawat, maka Nabi tetap akan dijaga dan di penuhi oleh Rahmat Alloh. S.W.T.

Adapun dalilnya sebagai berikut:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” Q.S Al-Ahzaab: 56

Maka pantaslah jika bersholawat itu sangatlah di anjurkan sekali bagi setiap umat muslim, karena didalamnya mengandung beberapa hikmah besar, diantaranya shalawat merupakan bentuk ketaatan kepada perintah Allah, Mendapatkan 10 kali shalawat dari Allah bagi yang bershalawat sekali untuk beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Diharapkan dikabulkannya do’a apabila didahului dengan shalawat tersebut.

Shalawat juga merupakan sebab mendapatkan syafa’at dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, jika ketika mengucapkan shalawat diiringi dengan permohonan kepada Allah agar memberikan wasilah (kedudukan yang tinggi) kepada beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari Kiamat, Shalawat merupakan sebab diampuninya dosa-dosa serta Shalawat merupakan sebab sehingga Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab orang yang mengucapkan shalawat dan salam kepadanya.

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَكْثِرُوا الصَّلاَةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَةَ الْجُمُعَةِ، فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: “Perbanyaklah kalian membaca shalawat kepadaku pada hari dan malam Jum’at, barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.”

Adapun bacaan teks sholawat sendiri itu memang banyak sekali, namun sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh ulama ahli sunnah dengan hadits shahih bahwasannya bacaan sholawat itu yang sering dibacakan oleh Nabi dan para shahabatnya adalah sholawat ibrohimiyah, berikut bacaan dan artinya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، اَللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Mahaterpuji lagi Mahamulia. Ya Allah, berikanlah berkah kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Mahaterpuji lagi Maha-mulia.”

Itulah kumpulan tulisan bacaan shalawat nabi lengkap dan artinya seperti doa qunut subuh latin, lirik shalawat nariyah tulisan arab sholawat nabi mp3 serta macam-macam bacaan sholawat. Semoga kita semua bisa bersholawat kepada Nabi Muhammad S.A.W.