Niat Bacaan Doa Tata Cara Mandi Wajib Lengkap Arab dan Artinya

Ketika sebuah kewajiban datang yang ada dan lahir setelah melaksanakan aktivitas yang menjadi kewajiban bagi orang yang sudah menikah khususnya itu, maka tidak ada lagi amalan yang harus sesegera mungkin dilaksanakan terkceuali melakukan amalan wajib tersebut. Seperti ketika sudah datang waktu junub, maka jangan melakukan aktivitas lainnya sebelum mandi wajib itu dilakukan.

Karena jika di biarkan ataupun tidak langsung melaksanakan aktivitas mandi wajib itu, selain dosa juga di khawatirkan akan adanya anggota dan organ tubuh yang lepas, seperti rambut misalnya yang nantinya tidak bisa terbawa saat proses pelaksanaan mandi wajib itu dilakukan. Bahkan harus sesegera mungkin untuk secepatnya dilaksanakan sebagaimana keterangan-keterangan yang menyebutkan tentang doa mandi wajib tersebut.

Selain itu juga wajib kiranya bagi kita untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan langsung dengan diwajibkannya mandi wajib tersebut. Diantaranya fardhu dan anggota tubuh dari mandi wajib itu sendiri serta niat dan doa yang menang di syaratkan untuk dibacakan ketika pelaksanaannya dilakukan. Sebab amalan tanpa adanya niat itu maka hukumnya tidak syah dan tidak sesuai dengan kaidah ilmu yang di tentukan.

Niat Doa Tata Cara Mandi Wajib Lengkap Arab dan Artinya

Baik junub karena keluar air mani yang dihasilakn dari aktivitas suami istri maupun junub karen haid dan nifas bagi seorang perempuan. tentu secara lapadz dan niatnya pu itu ada perbedaan, nah di sinilah penting kiranya bagi kita semua baik laki-laki maupun perempuan untuk mengetahui tata cara dari aktivitas terbaik mandi wajib sesuai dengan sunnah dan ilmu yang di syariatkannya.

Terutama ketika sebelum melaksanakan aktivitas mandi wajib tersebut yang memang dikatakan wajib karena itu sangatlah berpengaruh pada amalan lainnya. dalam artian jika tidak dilakukan mandi wajib maka amalan ibadah lainnya tidak syah, karena masih ada kewajiban lain yang belum dilaksanakan yaitu mandi wajib tersebut. Terlepas dari itu maka tata cara doa dan pelaksanaannya itu wajib untuk kita ketahui.

Banyak keterangan hadits yang menyebutkan tentgang kewajiban bagi seorang muslim yang junub baik untuk laki-laki maupun untuk perempuan, yang memang di syaratkan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan langsung dengan amalan mandi wajib tersebut, termasuk di antaranya pemahaman dasar dari di bacakannya niat dan doa ketika aktivitas tersebut akan dilakukan. Dan berikut ulasan dari lapadz niat selengkapnya.

Niat Mandi Wajib Umum

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul Ghusla Liraf’il Hadatsil Akbari Fardhan Lillaahi Ta’aaLaa”.

Artinya: “Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Taala.”

Niat Mandi Wajib Karena Haidl

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Lirof’il Hadatsil Khaidhi Lillahi Ta’aaLaa

Artinya: “Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta’ala”

Niat Mandi Wajib karena Nifas

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Lieof’i’ Hadatsin Nifaasi Lillahi Ta’aaLaa”

Artinya: “Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats nifas karena Allah Ta’ala.”

Niat Mandi Wajib Setelah Melahirkan (wiladah)

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْأَكْبَرِ مِنَ الْوِلَادَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Liraf’il Hadarsil Akbari Minalwiladati Fardhol Lillaahi Ta’aalaa”

Artinya: Saya niat mandi junub untuk menghilangkan hadas besar melahirkan karena Allah.

Niat doa tata cara mandi wajib lengkap arab dan artinya baik setelah berhubungan suami istri, haid, bersetubuh bagi laki-laki dan wanita ataupun sekaligus itu bagian amalan niat wudhu yang wajib dan penting untuk dilaksanakan.