Niat Doa Mandi Junub Yang Benar Dengan Gambar dan Tata Caranya

Sudah menjadi ketentuan dan kewajiban bagi setiap mereka orang muslim yang sedang dalam keadaan junub atau dalam pengertian orang yang mempunyai kewajiban untuk bersegera melaksanakan mandi besar atau dalam bahasa arabnya itu adalah disebut dengan gushla atau adus. Karena terdapat larangan dan ketentuan-ketentuan lainnya yang tidak di perbolehkan bagi mereka yang sedang dalam keadaan junub.

Secara pengertian bahasa junub sendiri itu adalah jauh, dalam arti seseroang yang sedang dalam keadaan junub itu jauh sekali dari rahmat Alloh S.W.T karena memang masih memiliki keajiban yang harus segera dilaksanakan. dan kewajiban niat mandi junub tersebut sangatlah berpengaruh bagi pelaksanaan amalan ibadah lainnya. Sehingga selama masih ada junub dalam dirinya itu tidak diperbolehkan untuk melakukan amalan ibadah lain.

Untuk itulah bersegeralah dalam melaksanakan mandi junub tersebut, sebab jika di nanti-nantikan itu dikhawatirkan dan di takutkan ada anggota tubuh yang lepas seperti rambut misalnya yang secara otomatis tidak akan terbasuh ketika pelaksanaan mandi junub tersebut dilakukan. Selain itu juga terdapat keterangan hadits yang menyebutkan bahwa seseorang yang junub itu jauh dari yang disebut dengan rahmat.

Niat Doa Mandi Junub Yang Benar Dengan Gambar dan Tata Caranya

Adapun hal-hal yang menjadikan seseorang terkena dengan junub itu diantaranya bersetubuh, Keluar mani (sperma), baik disebabkan mimpi basah, masturbasi atau lainnya, disertai rasa nikmat atau tidak, Haid (menstruasi), Nifas, Melahirkan juga selain hadas, yang menyebabkan wajib mandi adalah mati. Orang muslim yang mati harus dimandikan kecuali orang yang mati syahid.

Dari penyebab-penyebab junub tersebut juga sangat di anjurkan bagi orang yang ingin melaksanakan amndi junub itu memperhatikan hal-hal penting lainnya seperti Syarat mandi besar, fardhu mandi besar, sunat mandi besar, Makruhnya Mandi besar juga hal-hal yang dilarang selama mandi besar. Tujuannya adalah supaya sah dan sesuai dengan kaidah ilmu yang menjelaskan dan menerangkan kesucian dalam berjunub.

Termasuk mengetahui tentang bagaimana tata cara pelaksnaan berikut dengan niat dan doa mandi jumbu itu sendiri. Sebab jika amal ibadah tidak di sertai dengan doa, maka itu akan sia-sia. Untuk itu supaya mandi junubnya sah sesuai dengan kaidah dan ketentuan agama, maka langkah pertama adalah mengetahui niat dan doanya serta mengerjakan sesuai dengan tahapan dan tata cara berikut dengan yang berkaitan lansgung dengan mandi junub itu.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Latin : Nawaitul Ghusla Liraf’il Hadatsil Akbari Minal Jinabati Fardhan Lillaahi Ta’aaLaa.

Artinya: “Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabat, fardhu karena Allah ta’ala.”

Niat doa mandi junub yang benar bagi laki-laki wanita setelah haid, berhubungan, bersetubuh sekaligus dengan gambar dan tata caranya adalah amalan doa mandi wajib yang harus sesegera mungkin dilaksanakan bagi yang sedang mengalaminya.