Tata Cara Bacaan Doa Qunut Subuh Pendek Untuk Imam

Pengertian qunut menurut ulama ahli fiqih yang menuturkan bahwa secara definisi qunut merupakan sebuah kumpulan bacaan dzikir yang didalamnya terdapat dua makna penting yaitu memuji dan berdoa kepada Alloh S.W.T. Yang secara pelaksanaannya itu terdapat ketentuan dalam menerapkannya sebagai bagian penting terhadap sebuah rukun ibadah, meskipun wunut sendiri hukumnya itu adalah Sunat.

Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa hukum qunut itu adalah sunat muakkad atau sunat ab’ad dalam artian jika lupa dalam melaksanakannya itu mak di haruskan bagi yang terbiasa melakukan ibadah qunut untuk sujud sahwi. terutama pada saat qunut di waktu sholat shubuh. Dalam bagian ini perlu menuturkan sekaligus menjelaskan tentang bagaimana bacaan doa qunut subuh yang sesuai dengan sunnah.

Di mulai dari tata cara membacakan lapadz yang tepat khususnya ketika menjadi seorang imam maupun bacaan qunut yang dilakukan sendiri. Karena terdapat sedikit perbedaan dari kedua bacaan qunut jika di posisikan saat menjadi imam maupun saat munfarid (sendiri). Dalam hal ini secara pengartian ataupun pemaknaan dari doa qunut yag dibacakan itu sangat mempengaruhi pada tujuannya meskipun itu tidak berpengaruh besar terhadap sholatnya.

Tata Cara Bacaan Doa Qunut Subuh Pendek Untuk Imam

Namun demikian penting kiranya untuk jauh lebih mengetahi dan memaknai arti dari bacaan tersebut, agar senantiasa mudah untuk emncapai derajat kekhusukan. Sebab salah satu hal ataua langkah awal yang membuat seseorang khusuk dalam ibadah adalah dengan tahu akan makna lapadz yang di bacanya. Yang selanjutnya pemaknaan lapadz tersebut bisa membuat seseorang lebih terfokuskan pada penghayatan diri yang berbuah perintahan serta ikhlas.

Berangkat dari arti pendifinisian qunut itu sendiri yaitu fujian dan doa, Maka ada dua hal yang penting ketika seorang imam membacakan qunut tersebut. Pertama pendapat yang menyatakan bahwa bagi imam sebaiknya membaca doa qunut dengan pelan atau merendahkan suaranya. Argumentasi yang disuguhkan sebagai dasar pendapat ini adalah karena qunut merupakan doa sedangkan posisi doa itu sendiri adalah israr (merendahkan suara). Sedangkan dalil yang digunakan untuk mendasari pandangan ini adalah ayat 110 surat Al-Isra`.

Pendapat kedua menyatakan sebaiknya imam meninggikan suaranya ketika membaca doa qunut sebagaimana ketika membaca sami’allahu liman hamidah, tetapi peninggian tersebut di bawah peninggian suara ketika membaca ayat Al-Qur`an. Dengan kata lain, peninggian tersebut didasarkan kepada qiyas atau analogi. Berikut bacaan qunut shubuh lengkap dengan artinya.

اَلَّلهُمَّ اهْدِنَا فِيْمَنْ هَدَيْتَ,وَعَافِنَا فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنّا فِيْمَنْ تَوَلَّيَتَ، وَبَارِكْ لِي فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَقِنَا شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِى وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَاِنَّهُ لَايَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَايَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ اْلحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، نَسْتَغْفِرُكَ وَنَتُوْبُ اِلَيْكَ. (رواه النسائ ١٧٢٥،وأبو داود ١٢١٤،والترميذى ٤٢٦،وأحمد ١٦٢٥،والدارمي ١٥٤٥بسند الصحيح)

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kami petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, Berilah kami perlindungan seperti orang-orang yang telah Engkau beri perlindungan. Berilah kami pertolongan sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri pertolongan. Berilah berkah pada segala yang telah Engkau berikan kepada kami. Jauhkanlah kami dari segala kejahatan yang telah Engkau pastikan. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha menentukan dan Engkau tidak dapat ditentukan. Tidak akan hina orang yang Engkau lindungi. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Engkau Maha Suci dan Maha luhur. Segala puji bagi-Mu dan atas segala yang Engkau pastikan. Kami memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Secara pemaknaan cara sholat subuh tanpa doa qunut ataupun doa qunut pendek bahasa indonesia dan yang lain seperti doa qunut nazilah dan doa qunut witir itu merupakan bagain terpenting dalam pelaksanaan ibadah sholat. Sehingga memahami dan mengetahuinya juga adalah hal yang sangat penting pula. Semoga bermanfaat.