Tata Cara Niat Doa Mandi Wajib Junub Lengkap dan Penyebabnya

Terdapat hal-hal yang mesti diketahui oleh setiap individu muslim yang sudah menginjak usia baligh ataupun yang baru masuk umur baligh, yaitu mengetahui tentang bagaimana tata cara dari pelaksanaan aktivitas mandi wajib yang disebabkan oleh beberapa hal seperti karena keluarnya air mani, karena haidl ataupun karena nifas khusus bagi seorang perempuan.

Karena pada kegiatan aktivitas mandi wajib tersebut terdapat beberapa hal yang memang wajib untuk di ketahui, sehingga jika tidak benar-benar di fahami dan tidak juga di mengerti akan kewajiban tersebut, maka itu akan berdampak sekali pada pelaksanaan ibadah-ibadah lainnya. Dan patut kiranya untuk lebih memastikan bagaimana cara terbaik dalam pelaksanaan tata cara mandi wajib sesuai kaidah ilmu dan sunnah.

Secara pengertian mandi wajib sendiri merupakan sebuah aktivitas kebersihan yang wajib dilaksanakan oleh mereka yang sudah menginjaknya, terutama menjaga kesucian dari hal-hal ataupun hadats yang mewajibkan untuk bersegrea mungkin melaksanakan ibadah mandi wajib. Dalam artian jiak ingin syah-syah amalan ibadah lainnya, maka keadaan kita hrus suci dari hadats kecil dan hadats besar yaitu yang dimaksud dengan mandi wajib itu sendiri.

Tata Cara Niat Doa Mandi Wajib Junub Lengkap dan Penyebabnya

Selain itu pula dalam melaksanakannya pun itu meski secara seksama mampu di kuasai baik dari pelaksanaan maupu mengetahui soal yang bersangkutan dengan adanya mandi wajib itu sendiri. Diantaranya anggota mandi wajib, niat mandi wajib serta dengan tata cara mandi wajib itu sendiri. Baik untuk wanit maupun bagi pria. terlebih khusus bagi wanita yang memang penyebab dari mandi wajibnya itu banyak sekali.

Adapun syarat dan ketentuan lainnya tentang amalan mandi wajib itu sendiri itu sudah ada dalam kajian ilmuany. karena tidak sedikti keterangan yang menyebutkan bahwa kewajiban bagi mereka yang sudah terkena ataupun tersendtuh dengan kewajiban mandi wajib. Baik dari Al quran maupun Al hadits yang diperjelas oleh para Ulama untuk lebih di fahami dan dicerna oleh masyarakat awam pada umumnya.

Terdapat pula sunat-sunat dalam dan sebelum mandi wajib itu dilakukan di antaranya membaca basmalah, Berwudhu sebelum mandi, Berkumur dan memasukkan air ke dalam hidung, Membaca dua kalimat syahadat, Membasuh kotoran yang menempel pada tubuh dengan menggosokkan kedua tangan sebatas kemampuan (jangkauan), Menghadap ke arah Kiblat, apabila tidak mandi dengan telanjang, Membasuh sampai dua dan tiga kali, Meletakkan tempat air yang besar di sebelah kanan dan yang kecil di sebelah kiri.

Berikutnya adalah berada di tempat yang kira-kira bisa terhindar dari percikan air, Tidak meminta bantuan orang lain kecuali ada udzur, Membasuh dari bagian atas dan mendahulukan anggota yang kanan serta tidak menghilangkan anggota tubuh semisal kuku, dan rambut. Adapun tata cara dari pelaksanaan aktivitas ataupun amalan dari mandi wajib itu sendiri berikut urutan ringkasan ulasannya.

1. Meyakini bahwa air yang akan dipakai mandi suci mensucikan
2. Membuang air kecil (jika mandinya karena keluar mani)
3. Membersihkan bekas sperma(air mani) atau kotoran lain di badan
4. Membasuh 2 kemaluan & sekitarnya dengan niat mandi wajib/sunah
5. Sikat gigi (niat sunah bersiwak) tentu dengan menutup aurot (aurot ketika sendirian)
6. Menghadap kiblat (jika tidak bisa maka niatkan ingin melakukannya)
7. Berwudlu
8. Mandi dengan tertutup aurot (aurot ketika sendirian)
9. Mandi sambil bediri
10. Mulai dengan mengguyur kepalanya sambil niat mandi wajib/sunah
11. Memperhatikan bagian terpencil seperti ujung mata, lipatan telinga, dll
12. Mengguyur badan bagian kanannya lalu kirinya
13. Mengguyur kepala, badan yang kanan & kiri 3x3x
14. Tidak berlebihan dalam memakai air, “setiap tetesan akan dimintai pertanggung jawabannya”
15. Memakai sabun san sampo
16. Tidak berbicara yang tidak perlu ketika mandi
17. Renungkan “jika kita mau membersihkan badan kita yang merupakan pandangan manusia lalu kenapa kita tidak mau membersihkan hati kita yang merupakan pandangan Allah SWT’’
18. Do’a setelah wudlu

Tata cara niat doa mandi wajib junub lengkap dan penyebabnya seperti haid, nifas ataupun setelah berhubungan suami istri adalah bagian amalan yang wajib untuk dilaksanakan. Seperti doa doa wudhu meskipun sunat namun pahalanya besar.