Tata Cara Pelaksanaan Sholat Hajat Yang Mustajab dan Keajaibannya

Dianjurkan bahkan di perintahkan bagi segenap umat muslim untuk selalu dan senantiasa memohon akan petunjuk dan bimbinngan dari Alloh S.W.T dalam setiap melaksanakan aktivitasnya. Termasuk ketika sedang dalam keadaan benar-benar membutuhkan jalan keluar dari permasalahan yang terus menghampirinya. Dan amalan yang di maksud adalah dengan melakukan sholat hajat yang secara pengertian bisa dikatakan sebagai sholat untuk menjawab kebutuhan seorang hamba.

Seraya dengan itu, maka perintahan untuk memohon pertolongan kepada Alloh S.W.T melalui dua amalan penting yaitu dengan bersabar dan dengan sholat adalah sebuah fasilitas terbaik untuk menunjukan sisi kepribadian hamba yang memang sangat membutuhkan petunjuk dariNYa. Untuk itu dengan melaksanakan shalat hajat ini, jalan untuk meraih kebahagiaan sekaligus bisa memmecahkan setiap permasalahan dari kebutuhan yang ada bisa menemukan titik terang.

Sholat hajat sendiri merupakan amalan sunnah yang menjadi salah satu bagian penting dari sunnahsunnah baginda Rasululloh S.A.W yang senantias bisa dilakukan bahkan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan kepada seluruh umatnya. Dikatakan demikian karena memang perkara sunat itu merupakan penyempurna dari adanya perintahan wajib, jadi ibadah yang bersifat wajib itu tidak akan sempurna keberadaannya jika tidak disertai dengan sunah-sunnah nya.

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Hajat Yang Mustajab dan Keajaibannya

Apalagi shalat hajat sendiri merupakan salah satu jalan untuk bisa mencapai derajat mulya seorang hamba, sebab salah satu ciri yang termasuk pada kriteria seorang hamba yang di mulyakan dan di cintai oleh Alloh S.W.T adalah orang yang selalu senantiasa menunjukan sifat butuhnya terhadap sang pencipta. Seperti yang terwujudkan dari adanya pengamalan ibadah shalat sunnat hajat ini.

Meskipun secara haqiqi dan mutlaq itu tidak akan merubah dari taqdir Alloh S.W.T, akan tetapi kita sebagai manusia yang ingin di rahmati dan diberikan petunjuknya itu harus bisa menujukan kredibiltas tinggi seorang hamba yang sangat membutuhkan naunganNya. Terutama saat-saat penting seperti sekarang ini, dengan melaksanakan ibadah sholat sunnat hajat ini semoga saja Alloh S.W.t memberikan jalan keluarnya.

Sehingga secara perlahan tapi pasti semua hal yang berhubungan dengan kehidupan muali dari karir, jodoh, pekerjaan dan hal-hal yang bersifat duniyawi nya itu bisa diberikan jalan petunjuknya. Dan dengan seringnya kita melakukan sholat sunnat ini seolah itu bisa mendekatkan diri dan jiwa kepada sang Kholiq lewat tata cara pelaksanaan ibadah sholat sunnat hajat sesuai dengan sunnah seperti berikut ini.

Sementara itu terdapat keutamaan yang ada pada shalat hajat diantaranya mendapat pahala dari Allah, Mendapatkan ketenangan dan ketentraman jiwa setelah menyampaikan semua kebutuhan kepada-Nya, Harapan dikabulkan semua keperluan (hajat) juga usaha lebih mendekatkan diri kepada Allah

Cara Mengerjakan Shalat Hajat
Cara mengerjakan shalat haja sama saja seperti melaksanakan shalat-shalat biasa, namunyang membedakannya adalah Niatnya

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatal haajati rak’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku berniat shalat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

1. Membaca do’a iftitah
2. Membaca surat Al-Fatihah
3. Membaca salah satu surat didalam Al-Qur’an. Afdhalnya rokaat pertama membaca surat Al-Kafirun 10 x dan rokaat kedua membaca surat Al-Ikhlas 11x
4. Ruku’ dengan membaca Tasbih tiga kali
5. I’tidal dengan membaca bacaannya
6. Sujud dengan membaca Tasbih 3 kali
7. Duduk diantara dua sujud dengan membaca bacaannya
8. Sujud dengan membaca Tasbih 3 kali
9. Setlah rokaat pertama, lakakuan rokaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian tasyahud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali.

Sesudah baca salam sebelum berdo’a sujud syukur dulu satu kali sambil membaca:

1. tsubhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilahaillalloh wallohu akbar 10x

2. Allohumma sholli ‘alaa syayyidinaa muhammadin wa’alaa ali syayyidina muhammad 10x

3. Rabbanaa ainaa piddunyaa hasanah wapilaakhiroti hasanah wakinaa ‘adzabannaar 10 x

Setelah iu baru berdo’a dengan bacaan do’a yang telah masyhur dari rosululloh SAW

Do’a Shalat Hajat
Setelah selesai Shalat Hajat, dianjurkan membaca istighfar 100x, seperti kalimat istigfar yang biasa atau sebagai berikut:

Astagfirullaha rabbi min kulli dzanbin wa atuubu ilaiih.

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Tuhanku, dari dosa-dosa, dan aku bertaubat kepada-Mu”

Selesai membaca istighfar lalu membaca shalawat nabi 100x, yakni:

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalaatarridhaa wardha ‘an ashaabihir ridhar ridhaa.

Artinya: “Ya Allah, beri karunia kesejahteraan atas jungjunan kami Muhammad, kesejahteraan yang diridhai, dan diridailah daripada sahabat-sahabat sekalian.”

Bacaan Doa Sholat Hajat

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya :
Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.

Tata cara pelaksanaan sholat hajat yang mustajab dan keajaibannya yang mustajab ataupun waktu sholat nisfu syaban dan sholat hajat yang dilarang khusus rejeki, jodoh dan yang lainnya merupakan salah satu amalan terbaik sehari-hari bagi kita semua. Semoga bermanfaat dan bisa melaksanakannya.