Ucapan Doa Untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh Sesuai Sunnah

Ada hak dan kewajiban bagi setiap pribadi muslim dalam menjalani hidup dan kehidupan ini, terutama ketika seseeorang muslim membutuhkan bantuan akan uluran tangan kita seperti dalam keadaan sakit ataupun sedang tertimpa musibah yaitu menjenguk dan mendoakannya sesuai dengan anjuran agama. Sebab selain memberikan manfaat dan hikmah terbaik bagi yang dijenguknya tersebut, cara seperti ini merupakan bagian dari ajaran baginda Easululloh S.A.W.

Menjalankan hak dan kewajiban diantara sesama muslim seperti menjenguk dan membacakan doa untuk orang sakit orang sakit tersebut adalah salah satu ciri bahwa kita semua umat muslim itu bersaudara, sehingga sudah menjadi kewajiban pasti apabila salah satu dari saudaranya itu sedang di berikan ujian ataupun musibah dengan datangnya sakit ataupun yang lainnya, untuk senantiasa memberikan kemudahan, keringanan serta kebahagiaan atas beban yang mereka alami dan pikul saat ini.

Bahkan salah satu keterangan menyebutkan bahwa ” Sesungguhnya pertolongan Alloh S.W.T akan senantiasa di berikan kepada hambanya, jika seorang hamba tersebut selalu memberikan pertolongan pada saudaranya”. Minimal untuk bisa meringankan bebannya tersebut adalah dengan mendoakannya supaya cepat sembuh sesuai dengan apa yang telah diperintahkan dan di anjurkan oleh Agama.

Ucapan Doa Untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh Sesuai Sunnah

Hak yang berbuah kewajiban seperti menjenguk orang sakit ini termasuk pada diantara amalan yang harus di segerakan pelaksanaannya oleh setiap muslim karena ini menyangkut tentang keselamatan jiwanya, seperti harus di segerakannya mengurusi mayyit karena itu juga sangat penting sekali. Begitu juga dengan tata cara bagaimana yang harus dilakukan ketika menjenguk orang sakit itu dilakukan.

Alasan lain mengapa salah satu kewajiban menjenguk orang sakit itu harus segera dilakukan, sebab terdapat makna dan hikmah penting bagi orang yang menjenguknya, palin tidak dengan kehadiran orang yang menjenguknya tersebut bisa memberikan dampak positif untuk tetap semangat dalam menjalani hidup dan kehidupan ini, sekaligus menjadi penawar dari kesedihan dan kepiluan yang dirasakannya.

Nah dalam hal ini keterangan sebuah hadits yang diriwayatkan dan diterima dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa Wasy Fihu Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syifaaauka, Syifaa-ab Laa Yughadiru Saqomaa”

Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).

Ucapan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh sesuai sunnah dari jauh atau doa untuk ibu yang sedang sakit bisa juga di kategorikan sebagai amalan dzikir harian yang senantiasa bisa kita amalkan.